Resep Trancam Khas Jawa Yang Lezat Dan Segar

Resep Trancam – Trancam sebenarnya bukan termasuk salah satu makanan kuliner, karena trancam hanya digunakan sebagai bahan pelengkap dalam sajian menu makan. Biasanya orang – orang Jawa akan mengkonsumsi tarnacam bersama dengan ikan kakap bakar, sate kambing, atau ikan lele bakar. Cita rasa dari trancam ini mampu mengurangi rasa panas dari kebanyakan mengkonsumsi makanan berminyak. Selain itu rasanya juga segar karena adanya timun dan berbagai sayuran mentah yang digunakan sebagai bahan untuk membuat trancam ini.

Trancam hampir mirip dengan urap yang cukup populer  di daerah Jawa Barat, namun ada hal yang membedakan antara kedua makanan tersebut yaitu adanya daun kemangi pada trancam sedangkan pada urap tidak menggunakan kemangi. Trancam selain memiliki rasa yang segar juga gurih, dan sedikit manis. Menurut catatan sejarahnya, trancam pertama kali diperkenalkan di Jawa Tengah sehingga tak heran bila masyarakat Jawa sudah tidak asing lagi dengan trancam.

Bagi Anda yang ingin mencicipi trancam sebaiknya biar lebih mantep Anda harus berkunjung ke daerah Janti Polanharjo Klaten, karena disana terdapat warung makan yang menyajikan menu kuliner ikan lele, ikan kakap, dan lain – lain yang dihidangkan lengkap dengan trancam. Harganya juga sangat terjangkau yaitu sekitar 15 ribuan rupiah saja. Namun jika Anda masih belum sempat datang berkunjung ke daerah tersbut, maka sebaiknya Anda cukup membuat trancam sendiri di rumah dengan mengikuti resep dan cara membuat trancam di bawah ini.

loading...

Resep Trancam

Resep Trancam Khas Jawa yang Lezat dan Segar

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 8 utas Kacang panjang (dicuci bersih, dan iris halus)
  • 2 buah mentimun (buang isinya dan dipotong dadu kecil)
  • 100 gram Tauge pendek (dicuci bersih)
  • 1 ikat Daun kemangi (dipetik daunnya saja)
  • 1 buah jeruk limau (diambil airnya saja)

Bahan – bahan untuk sambal kelapa :

  • 1/2 butir Kelapa setengah tua (dikupas, parut memanjang, dan sisihkan)
  • 2 lembar Daun jeruk (diiris halus)
  • 100 gram Bumbu dasar merah
  • 3 ruas jari Kencur (diulek)
  • 1 sendok makan Gula pasir
  • 1/2 sendok teh Garam

Cara membuat trancam khas Jawa yang lezat dan segar :

  1. Langkah pertama yaitu adalah membuat sambal kelapa terlebih dahulu yaitu dengan cara mencampurkan kelapa parut, daun jeruk, bumbu dasar merah, kencur, gula pasir, dan garam ke dalam sebuah wadah.
  2. Aduk – aduk semua bahan tadi hingga tercampur secara merata.
  3. Lalu siapkan wajan penggorengan dan letakkan diatas kompor dengan nyala api kecil
  4. Setelah itu masukkan campuran parutan ke dalam wajan penggorengan, sangrai bahan – bahan tersebut hingga angkat hangat dan berubah warna, lalu angkat dan diamkan sejenak.
  5. Tahap selanjutnya potong – potong kacang panjang, mentimun, dan tauge lalu tambahkan sambal kelapa yang sudah di sangrai tadi.
  6. Aduk – aduk semua bahan sampai tercampur merata antara bumbu dan sayurannya.
  7. Lalu siapkan piring saji, tata trancam yang sudah dibuat tadi dan tambahkan dengan daun kemangi serta jeruk limau.
  8. Trancam sudah siap dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat.

Resep Trancam dan Cara Membuatnya

Itulah resep dan cara membuat trancam khas Jawa yang lezat dan enak dimana proses pembuatannya sangatlah mudah sehingga Anda bisa membuat trancam kapan saja sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Selain memiliki cita rasa yang segar, tarncam juga kaya akan kandungan gizi dan manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan kesuburan pria dan wanita, mencegah tekanan darah tinggi, dan mencegah bau mulut. Sebenarnya trancam juga bisa langsung dikonsumsi langsung, namun akan lebih mantap jika dimakan bersama dengan hidangan lainya seperti ayam goreng, ikan lele goreng, serta nasi putih hangat.

Selamat mencoba.

resep trancam, resep trancam timun, cara membuat trancam, bumbu trancam, resep trancam jawa tengah, trancam timun, resep trancam timun jawa timur, trancam, Bumbu trancam jawa timur, bumbu trancam timun


loading...
Resep Trancam Khas Jawa Yang Lezat Dan Segar | andien | 4.5