Resep Perkedel Bihun – Bihun sepertinya sudah sering dan biasa dijadikan sebagai salah satu bahan isian untuk beberapa olahan masakan yang enak seperti tahu isi bihun, lumpia bihun, dan lain – lainnya. Selain dapat digunakan dan dijadikan sebagai bahan isian untuk beberapa masakan, ternyata bihun juga dapat digunakan sebagai bahan utama yang dapat diolah menjadi masakan yang lezat. Olahan masakan yang dimaksud salah satunya adalah perkedel bihun. Makanan ini memang sudah tidak terdengar asing bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Karena mereka cenderung membuat dan menghidangkan perkedel sebagai menu sehari – hari. Namun seperti yang sudah kita ketahui, masyarakat Indonesia cenderung membuat perkedel yang hanya menggunakan bahan utama kentang saja dan mungkin akan sedikit terasa membosankan karena tidak ada variasi dan keunikan dari perkedel tersebut.

Oleh karena itu dalam resep kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai resep dan cara membuat perkedel bihun. Proses pembuatan perkedel bihun sama seperti bagaimana proses pembuatan perkedel kentang pada umumnya. Untuk mengetahui informasi lengkap resep dan cara membuat perkedel bihun dapat disimak infonya di bawah ini.

Loading...

Resep Perkedel Bihun

Resep Perkedel Bihun yang Gurih dan Maknyus

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 125 gram Bihun (sudah diseduh dengan air panas dan ditiriskan)
  • 200 gram Daging ayam cincang
  • 1/2 sendok teh Lada bubu
  • 4 butir Bawang merah (dihaluskan)
  • 1 sendok makan Seledri cincang
  • 1 butir Telur ayam
  • 1/4 sendok teh Pala bubuk
  • 1/2 sendok teh Garam halus
  • 1/2 sendok teh Gula pasir halus
  • Tepung roti secukupnya
  • 1/2 sendok teh Penyedap rasa
  • 2 siung Bawang putih (dihaluskan)
  • 500 ml Minyak goreng

Cara membuat Perkedel Bihun yang Gurih dan Maknyus :

  1. Langkah pertama yaitu bihun yang sudah diseduh sebelumnya di potong – potong kecil kemudian campurkan bersama dengan daging ayam cincang di dalam sebuah wadah atau mangkuk.
  2. Setelah itu masukkan telur ayam dan seledri ke dalam campuran bihun dan daging ayam cincang, aduk – aduk hingga tercampur secara merata.
  3. Kemudian tambahkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan,  garam, pala bubuk, gula pasir halus, serta penyedap rasa ke dalam campuran adonan perkedel.
  4. Lalu aduk – aduk semua bahan hingga tercampur menjadi satu dan merata.
  5. Selanjutnya ambil dan bentuk adonan perkedel menjadi bulat – bulat kecil dan sedikit pipih.
  6. Setelah itu guling – gulingkan setiap bulatan pipih adonan perkedel ke dalam tepung roti, pastikan bahwa seluruh permukaan adonan tertutupi tepung roti secara merata dan menyeluruh.
  7. Tahap berikutnya yaitu siapkan wajan penggorengan, tuangkan minyak goreng yang agak banyak kemudian panaskan di atas kompor dengan nyala api kecil.
  8. Jika dirasa minyak goreng sudah cukup panas, masukkan satu per satu bulatan pipih adonan perkedel yang sudah dilumuri dengan tepung roti ke dalam wajan penggorengan.
  9. Gorenglah bulatan pipih adonan tersebut hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Proses menggorengnya sebaiknya biarkan salah satu sisinya terlebih dahulu hingga matang, baru balikkan sisi sebelahnya dan goreng hingga matang.
  10. Setelah dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan perkedel bihun.
  11. Langkah terakhir, letakkan perkedel bihun di atas piring saji dan siap dihidangkan selagi masih hangat.

Resep Perkedel Bihun dan Cara Membuatnya

Resep dan cara membuat perkedel bihun di atas sangat mudah sekali, bukan? . Perkedel bihun ini dapat menambah variasi menu hidangan makan yang ada di rumah. Perkedel bihun sebaiknya dinikmati selagi masih hangat karena jika dinikmati saat perkedel bihun sudah dingin maka cita rasanya akan kurang mantap. Jangan lupa untuk menghidangkan perkedel bihun ini dengan nasi putih hangat dan saus tomat atau saus sambal serta cabai rawit utuh untuk menambah kelezatan cita rasa dari perkedel bihun yang Anda buat.

Selamat mencoba.

cara membuat perkedel dari bihun, perkedel bihun telur, perkedel sosin jagung, prekedel bihun, resep perkedel bihun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website