Resep Pempek Kapal Selam – Pempek atau empek – empek merupakan salah satu makanan khas asli dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Pempek kapal selam ini dibuat dengan menggunakan bahan utama yaitu dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan ditambahkan beberapa bahan pilihan lainnya.  Kemudian diisi dengan bahan isian pempek seperti keju, sosis, atau bakso. Pempek memiliki bernbaga macam jenis meliput pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek bulat, pempek pistel, pempek telur kecil, pempek kulit ikan, dan pempek keriting. Cita rasa yang dimiliki oleh semua jenis pempek tersebut adalah gurih dan lezat. Namun dari semua jenis pempek tersebut terdapat salah satu jenis pempek yang paling terkenal dan diminati oleh masyarakatyaitu pempek kapal selam. Hal ini dikarenakan pempek kapal selam menggunakan bahan isian yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak yang panas.

Jika Anda berkunjung ke daerah Palembang, janganlah lupa untuk menyempatkan diri membeli makanan khas Palembang yaitu pempek. empek tak hanya dijual di daerah Palembang saja kok, karena saat ini di daerah laur Palembang sudah banyak yang menjaul dan menyediakan pempek dengan beragam jenis. Biasanya para pedagang pempek keliling menjual daganganya dengan cara menjajakan pempek keliling desa atau komplek. Selain itu juga ada pedagang pempek ditenda  tenda sepanjang pinggir jalan. Untuk harga pempek cukup terjangkau dan ekonomis. Dalam penyajian pempek kapal selam disajikan bersama dengan kuah cuko pempek yang memiliki rasa pedas. Bagi Anda yang ingin sekali membuat pempek kapal selam khas Palembang, berikut informasi resep dan cara membuatnya.

Resep Pempek Kapal Selam

Resep Pempek Kapal Selam Khas Palembang yang Enak

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

Loading...
Loading...
  • 500 gram Daging ikan tenggiri (dibuang tulang ikannya, lalu dihaluskan)
  • 500 gram Tepung sagu
  • 2 buah Telur ayam (untuk adonan)
  • Garam halus secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 250 ml Air es atau air dingin
  • 1 sendok teh Vetsin
  • Telur ayam secukupnya (untuk bahan isian pempek)

Bahan – bahan untuk membuah Kuah Cuko Pempek :

  • 250 gram Gula merah
  • 500 ml Air bersih
  • 2 sendok makan Asam Jawa kental
  • 5 buah Cabai rawit merah
  • 8 siung Bawang putih
  • 2 sendok makan Udang ebi (disangrai lalu dihaluskan)
  • 1/2 sendok makan Garam

Cara membuat Kuah Cuko Pempek :

  1. Mula – mula menyiapkan panci rebusan dan rebuslah air bersih bersama dengan gula merah, aduk – aduk hingga tercampur merata, mendidih, dan matang. Setelah itu saring dan ambil air saringannya.
  2. Kemudian haluskan cabai rawit merah, bawang putih, udang ebi, dan garam kemudian masukkan ke dalam air saringan sebelumnya, lalu rebuslah sema bahan tersebut dan aduk – aduk kembali hingga mendidih dan matang.
  3. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tuangkan kuah cuko ke dalam mangkuk.
  4. Kuah cuko siap digunakan.

Cara membuat Pempek Kapal Selam khas Palembang yang Enak :

  1. Mula – mula yaitu menyiapkan sebuah wadah atau mangkuk berukuran besar kemudian masukkan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan bersama dengan telur ayam, vetsin, dan garam halus ke dalam wadah tersebut lalu aduk – aduk hingga menjadi adonan yang tercampur secara merata.
  2. Setelah itu tuangkan sedikit demi sedikit air es ke dalam adonan sambil adonan terus diaduk – aduk hingga kalis.
  3. Kemudian tambahkan tepung sagu ke dalam adonan lalu aduk – aduk kembali hingga tercampur merata, kalis, dan adonannya bisa dibentuk. Apabila adonannya terlalu encer, Anda bisa menambahkan tepung sagu kembali hingga adonan kalis.
  4. Selanjutnya bentuk adonan pempek tadi menjadi bulatan – bulatan kecil menyerupai mangkuk letakkan di atas tangan kemudian masukkan telur ayam sebagai bahan isian pempek tersebut lalu tutuplah dengan adonan yaitu menyatukan dan merekatkan kedua ujung adonan.
  5. Lakukan proses yang sama hingga seluruh adonan pempek habis.
  6. Setelah itu siapkan panci rebusan yang sudah diisi dengan air secukupnya lalu panaskan air tersebut di atas api sedang hingga mendidih.
  7. Setelah air dalam panci mendidih, barulah masukkan adonan pempek yang sudah dibentuk tadi ke dalam panci rebusan. Masak hingga adonan pempek mengambang di permukaan air dan matang.
  8. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan pempek kapal selam hingga dingin dan kering.
  9. Setelah itu siapkan wajan penggorengan yang sudah diisi dengan minyak goreng secukupnya lalu panaskan di atas api sedang hingga minyak goreng panas kemudian gorenglah pempek kapal selam hingga matang dan berwarna kecoklatan
  10. Setelah pempek kapal selam matang, angkat dan tiriskan.
  11. Letakkan pempek kapal selam diatas piring saji dan sajikan bersama dengan kuah cuko pempek.

Resep Pempek Kapal Selam Khas Palembang dan Cara Membuatnya

Itulah tadi resep dan cara untuk membuat pempek kapal selam khas Palembang yang enak. Anda bisa mencoba untuk membuat pempek kapal selam di rumah, karena proses pembuatannya sangatlah mudah dan sederhana. Bahan – bahan yang dibutuhkan juga dapat dibeli dan tersedia di supermarket atau pasar tradisional. Pempek kapal selam bisa digunakan sebagai salah satu hidangan dalam acara pernikahan, khitanan, syukuran, ataupun acara untuk memperingati hari besar seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru. Sehingga akan dapat semakin menyemarakkan suasana.

Selamat mencoba.

resep pempek kapal selam, pempek kapal selam, Gambar pempek kapal selam makanan khas palembang, resep mpek mpek palembang, resep pempek keliling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website