Resep Kue Putu – Indonesia adalah sebuah negara yang kaya dengan suku, bangsa, budaya, bahkan kulinernya. Salah satu jajanan tradisional dan asli dari Indonesia adalah kue putu. Kue putu merupakan kue yang terbuat dari tepung beras dan diberi bahan isian kue berupa gula merah dan parutan kelapa sebagai pelengkapnya. Kue putu ini sekilas nampak seperti kue klepon yang berasal dari Jawa Timur. Namun kedua kue ini sangatlah berbeda.

Kue putu bentuknya bulat panjang (silinder) dan bertekstur lembut dan rasanya gurih manis. Pada saat ini, kue putu sudah jarang dijumpai dan bahkan hampir tidak ada yang menjualnya. Sekalipun ada, biasanya dijajakan oleh pedagang putu keliling di sekitaran desa maupun kompleks perumahan. Biasanya para pedanagn putu keliling mengukus kue putu dengan bambu kecil dan mengeluarkan bunyi yang khas pada saat kue putu dikukus.

Harga untuk kue putu ini sangatlah murah dan ekonomis. Tak heran jika kue putu ini sangatlah disukai oleh anak – anak. Alangkah baiknya jika Anda dapat membuat kue putu sendiri di rumah sehinga secara tidak langsung Anda turut berpartisipasi dalam melestarikan kuliner Indonesia. Berikut ini kami bagikan informasi resep dan cara membuat kue putu yang gurih.

Loading...
Loading...

Resep Kue Putu

Resep Kue Putu yang Menggoda Selera Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 375 gram Tepung beras kering
  • 125 gram Gula merah (disisir tipis)
  • 300 ml Air
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 2 lembar Daun pandan
  • 1/2 sendok Pewarna makanan (hijau)
  • 150 gram Kelapa parut (dikukus lalu diberi garam)

Cara membuat Kue Putu yang Menggoda Selera :

  1. Mula – mula menyiapkan panci rebusan yang sudah diberi air lalu masukkan garam, adun pandan, dan pewarna makanan (hijau), rebus bahan – bahan hingga mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, angkat dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam wadah yang berisi tepung beras sambil diaduk – aduk hingga merata.
  3. Setelah itu siapkan saringan kasar lalu tuangkan adonan tepung kemudian tampunglah adonan hasil penyaringannya.
  4. Selanjutnya ambillah cawan berukuran 30 ml, kemudian tuangkan 1/2 sendok makan adonan tepung pada cetakan dan berilah lubang pada bagian tengah adonan dengan telunjuk lalu masukkan gula merah sebagai isian kue putu kemudian tutup kembali dengan adonan tepung hingga rata.
  5. Kemudian balik cetakan kue putu tersebut ke atas loyang datar yang sebelumnya sudah dialasi dengan daun pisang. Berilah jarak pada setiap kue putu yang berada di atas loyang tersebut.
  6. Lalu kukuslah kue putu dengan api besar selama kurang lebih 10 menit dan matang.
  7. Jika dirasa kue putu sudah matang, angkat dan letakkan kue putu di atas piring saji. Kemudian berilah taburan kelapa parut sebagai bahan pelengkap.
  8. Kue putu siap untuk dihidangkan.

Resep Kue Putu yang Menggoda Selera dan Cara Membuatnya Dalam membuat kue putu ini ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  • Apabila menggunakan cetakan bambu, maka sebaiknya memasukkan daun pandan atau daun pisang sedikit saja sebagai alas cetakan, lalu barulah masukkan adonan tepung dan isi dengan gula merah. Letakkan bambu dalam keadaan berdiri persis di atas lubang uap / kukusan.
  • Untuk bahan pewarna kue putu ini dapat menggunakan daun suji, atau jenis pewarna lainnya sesuai selera Anda.

Demikianlah resep dan cara untuk membuat kue putu yang ternyata mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa menjadikan kue putu ini sebagai salah satu alternatif pilihan jajanan yang disajikan di saat berkumpul bersama keluarga di rumah, maupun untuk hidangan pada acara – acara penting seperti syukuran dan pesta pernikahan. Selain itu kue putu juga bisa menjadi kudapan di saat santai setelah seharian bekerja dan beraktifitas dan ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat sehingga dapat membuat Anda fresh dan bertenaga kembali untuk beraktifitas di hari esok. Selamat mencoba.

Kue yang menggoda selera, cara mengukus kue putu menggunakani bambu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website