Resep Kue Pudak Khas Gresik – Pudak termasuk kue tradisional asli yang berasal dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Kue pudak dibuat dengan menggunakan bahan yaitu tepung beras, gula pasir atau gula jawa, dan santan kelapa yang olah dan dibungkus dengan pelepah daun pinang (ope). Kue ini memiliki rasa yang manis dan enak. Selain itu kue pudak juga ada yang dibuat dengan menggunakan sagu yang disebut dengan Pudak Sagu. Terdapat tiga macam kue pudak yang ada di Gresik antara lain pudak putih, pudak merah, dan pudak sagu. Biasanya masyarakat yang berkunjung ke Kabupaten Gresik akan menyempatkan diri untuk membeli kue pudak dan dimanfaatkan sebagai oleh – oleh khas dari Kabupaten Gresik.

Dengan semakin berkembangnya jaman dan kreatifitas dari masyarakat atau pembuat kue pudak, kini rasa dari pudak sudah sangat banyak dan bahkan bermacam – macam. Para pembuat kue pudak berlomba – lomba untuk berkreasi dengan menbuat pudak yang berbeda seperti dengan membuat pudak yang berwarna hijau dengan tambahan daun pandan yang harum, bahkan terkadang juga mereka menggunakan daun suji sebagai bahan untuk pewarna kue pudak. Kue pudak memanglah kue yang unik, khas dan memiliki kemasan yang berbeda dari kue – kue pada umumnya. Kue pudak hanya dijual dan tersedia di toko – toko kue atau pasar tradisional yang ada di Kabupaten Gresik saja, sedangkan di daerah lain masih jarang yang menjual kue pudak. Oleh karena itu kami akan berbagi informasi resep dan cara untuk membuat kue pudak khas Gresik yang enak dan sederhana.

Resep Kue Pudak Khas Gresik

Resep Kue Pudak Khas Gresik dan Cara MembuatnyaBahan – bahan yang dibutuhkan :

Loading...
Loading...
  • Daun pinang (ope) secukupnya
  • 1 kg Tepung beras
  • 1 liter Santan kelapa
  • 250 gram Gula pasir atau gula Jawa
  • Vanilla secukupnya
  • Daun pandan secukupnya (diikat simpul)

Cara membuat Kue Pudak Khas Gresik yang Enak dan Sederhana :

  1. Mula – mula yaitu daun pinang atau ope dipotong – potong dengan ukuran 20 cm x 15 cm kemudian dilipat dan dijahit untuk menyatukan sisi daun tersebut. Lalu sisihkan.
  2. Setelah itu, siapkan panci rebusan dan letakkan di atas kompor lalu tuangkan santan kelapa, masukkan tepung beras, gula pasir, vanilla, dan daun pandan ke dalam panci tersebut kemudian aduk – aduk hingga semua bahan tercampur merata dan masak dengan api yang sedang hingga mendidih.
  3. Kemudian ambillah sebuah daun pinang yang sudah dijahit tadi dan tuangkan rebusan santan tadi ke masing – masing bungkus (ope) kue pudak secukupnya.
  4. Lalu siapkan panci kukusan yang sudah diisi dengan air secukupnya, kemudian letakkan sarangan panci tersebut dan barulah masukkan bungkusan pudak ke dalam panci kukusan, kukus hingga matang selama beberapa menit di atas api berukuran sedang.
  5. Setelah dirasa sudah matang, angkat dan keluarkan bungkusan pudak dari dalam panci kukusan lalu ikat bungkusan tersebut dengan menggunakan tali rafia dan biarkan kue pudak dingin.
  6. Kue pudak sudah siap dihidangkan. (Untuk proses penyimpanan kue pudak sebaiknya di ikat dengan tali rafia dan digantung, sehingga rasa dan kualitas yang ada dalam kue pudak tetap terjaga).

Resep Kue Pudak Khas Gresik yang Enak dan SederhanaKue pudak yang baru saja Anda buat bisa mengenyangkan perut Anda yang sedang lapar dan jajanan ini juga kaya akan kalori yang baik untuk kesehatan tubuh. Kue pudak dapat disimpan dan bertahan selama tiga hari apabila diangin – anginkan. Dalam pembatan kue pudak memang sedikit rumit khususnya proses memotong melipat, dan menjahit daun pinangnya, dan membutuhkan ketelatenan serta kesabaran. Namun untuk proses pembuatan pudaknya cukuplah mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang termasuk bagi Anda yang masih pemula dalam hal membuat kue.

Namun tidak ada salahnya jika Anda bisa membuat kue pudak sendiri di rumah sebagai camilan atau hidangan ketika ada akan diadakan suatu acara besar atau penting seperti arisan keluarga, pesta, syukuran, atau hanya sekedar berkumpul bersama keluarga besar Anda saja. Jadi dengan membuat kue pudak sendiri, Anda tidak perlu jauh – jauh berkunjung ke Kabupaten Gresik hanya untuk membeli kue pudak. Anda cukup membuatnya sendiri di rumah, sehingga dapat lebih ekonomis dan praktis.

Selamat mencoba.

pudak gresik, cara membuat pudak, resep pudak, pudak khas gresik, pudak, resep pudak gresik, makanan khas Gresik pudak, makanan pudak, resep kue pudak, kue pudak

One thought on “Resep Kue Pudak Khas Gresik Enak dan Sederhana

  1. Wong Gresik says:

    Pudak mungkin bisa di praktekkan bagi siapapun khususnya ibu rumah tangga, selain bahannya mudah di ketemukan di pasar-pasar pudak juga memiliki kualitas dan rasa yang khas. Namun satu yang sampai saat ini menjadi penghambat ibu-ibu untuk berkreasi dengan jajanan khas gresik ini. Yakni, daun pinang atau ope-nya ini yang agak sulit. Selain pinang tidak mudah dijumpai di kota gresik, kalaupun harus pesan ke “distributor” itupun tidak boleh beberapa lembar. Minimal seonggok.

    Repot jika kita ingin berkreasi jajanan pudak yang hendak dissajikan untuk hidangan keluarga atau tamu yang datang dirumah kita. Kalu beli mah mudah. Hehe..

    Salam, WongGresik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website