Resep Kue Pancong – Indonesia adalah negara yang penuh dengan kekayaan baik budaya, suku bangsa hingga jajanan kulinernya. Namun sayangnya dari waktu ke waktu ada beberapa jajanan kuliner tradisional Indonesia yang mulai menghilang dari pasaran karena tergeser karena masuknya jajanan modern ke pasaran Indonesia, misalnya humburger, sosis, pasta, nugget, dan lain – lainnya. Salah satu jajanan tradisional Indonesia yang mulai menghilang tersebut adalah kue pancong.

Kue pancong berasal dari wilayah Betawi atau Jakarta, dimana kue ini termasuk ikonnya daerah Betawi. Kue pancong adalah sejenis kue basah yang berbentuk setengah lingkaran. Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kue pancong meliputi santan, tepung beras, kelapa, dan garam. Cita rasa dari kue ini sangatlah gurih dan asin yang berasal dari perpaduan santan dan garam yang digunakan. Jia diperhatikan sekilas, kue pancong ternyata memiliki bentuk yang mirip dengan kue pukis. Namun kedua kue tersebut sangatlah berbeda jika dalam urusan rasa.

Kue pancong sangatlah populer di daerah Jakarta dan kue ini bisa dibuat bercita rasa asin atau manis. Bagi Anda yang memiliki hobi memasak atau suka membuat jajanan yang unik dan baru, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuat kue pancong di rumah dengan mengikuti resep dan cara membuat kue pancong Betawi yang kami informasikan di bawah ini.

Loading...
Loading...

Resep Kue Pancong

Resep Kue Pancong Betawi yang Enak dan Spesial

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 250 gram Tepung beras berkualitas baik
  • 1 sendok teh Garam halus
  • 250 gram Kelapa parut halus
  • 600 ml Santan kelapa kental
  • Keju secukupnya (diiris tipis – tipis)

Cara membuat kue pancong Betawi yang enak dan spesial :

  1. Langkah pertama yaitu siapkan sebuah wadah yang berukuran sedang.
  2. Kemudian masukkan kelapa parut, garam, dan tepung terigu ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  3. Campurkan dan aduk – aduk bahan tersebut hingga tercampur secara merata lalu diamkan.
  4. Setelah itu tuangkan santan kelapa kental ke dalam panci rebusan, letakkan diatas kompor dengan nyala api sedang.
  5. Aduk – aduk rebusan santan kelapa kental hingga mendidih dan usahakan tersu mengaduknya agar tekstur santan tidak pecah, angkat.
  6. Setelah santan selesai direbus, tunggu sebentar agar menjadi hangat, lalu tuangkan sedikit demi sedikit santan ke dalam wadah yang berisi campuran tepung terigu dan parutan kelapa tadi sambil menguleni adonan hingga kalis.
  7. Kemudian siapkan cetakan kue pancong atau Anda bisa menggunakan cetakan kue pukis, olesi cetakan kue dengan mentega hingga merata lalu panaskan cetakan di atas kompor.
  8. Jika dirasa cetakan sudah panas, tuangkan adonan kue pancong ke dalam cetakan tersebut dan usahakan untuk menuangnya hingga penuh agar nanti setelah kue matang akan bisa tersambung antar kue satu dengan lainnya.
  9. Lalu tambahkan parutan keju diatasnya sebagai topping.
  10. Tunggu kue pancong matang sempurna selama beberapa menit dengan ditandai adanya perubahan warna menjadi kecoklat – coklatan.
  11. Apabila sudah matang, angkat dan keluarkan kue dari dalam cetakan lalu letakkan diatas piring saji.
  12. Kue pancong siap untuk dihidangkan selagi masih hangat.

Resep Kue Pancong dan Cara Membuatnya

Itulah resep dan cara membuat kue pancong Betawi yang enak dan spesial. Proses membuat kue pancong terbilang mudah dan praktis sehingga Anda bisa membuat kue ini sebagai hidangan atau camilan untuk menemani waktu santai bersama dengan keluarga di rumah. Untuk bahan topping yang digunakan sebagai pemanis kue pancong bisa menggunakan bahan topping lainnya seperti selai nanas, stroberi, coklat messes, susus kental manis, atau susu coklat sesuai dengan selera Anda. Bahkan Anda juga bisa membuat kue pancong ini tanpa diberi dengan bahan topping.

Dalam penyajian kue pancong alangkah lebih mantap jika dilengkapi dengan secangkir teh manis atau kopi manis untuk menambah kenikmatan dalam menyantap kue pancong ini. Selamat mencoba.

kue sejenis pancong, resep kue lapis beras dari tabloit sedap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website