Resep Kue Onde Onde – Kue onde-onde merupakan salah satu makanan jenis kue tradisional yang telah menjadi ikon kuliner daerah Mojokerto, Jawa Timur. Kue onde-onde memiliki ciri khas yang unik yaitu terletak pada bentuknya bulat dimana pada bagian permukaan kue terasa kenyal dibalut dengan wijen dan terdapat isian campuran kacang hijau dan gula merah pada bagian tengah kue. Menurut asal usulnya, kue onde-onde berasal dari negeri Tiongkok. Kemudian pada era kerajaan Majapahit, kue ini dibawa ke Indonesia oleh seorang laksamana dari negeri Tiongkok saat berkunjung ke kerajaan Majapahit (basis kerajaan Majapahit adalah di Mojokerto). Pada akhirnya kue ini sering disajikan sebagai menu kue di kerajaan tersebut dan berkembang pesat hingga sekarang.

Oleh karena itu, apabila kita berkunjung ke Mojokerto akan dapat menjumpai banyak pedagang di pasar tradisional maupun toko – toko kue yang khusus menjual kue onde-onde sebagai kue oleh – oleh khas Mojokerto. Terlepas dari cerita asal usul kue onde-onde, ternyata kue ini sudah sangat digemari oleh masyarakat luas baik kalangan anak – anak hingga kalangan orang dewasa. Onde-onde biasana dijual dalam keadaan masih hangat, serta juga terdapat berbagai macam jenis bahan isian (rasa) kue onde-onde yang tersedia seperti rasa keju dan rasa gula merah. Harga yang dipatok relatif murah dan ekonomis. Namun apabila Anda ingin sekali membuat kue onde-onde dan tidak tau caranya. Oke, dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi resep beserta cara untuk membuat kue onde-onde khas Mojokerto.

Resep Kue Onde Onde

Resep Kue Onde-Onde khas Mojokerto yang EnakUntuk membuat kue onde-onde terbagi menjadi beberapa bahan yang harus diperisapkan, antara lain :

Loading...
Loading...

Bahan – bahan untuk Isian Kue Onde-onde :

  • 250 gram Kacang hijau tanpa kulit
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 100 gram Gula pasir
  • 1/4 sendok teh Vanili bubuk

Bahan – bahan untuk Kulit Kue Onde-onde :

  • 500 gram Tepung beras ketan
  • 75 gram Tepung beras
  • 250 gram Gula pasir
  • 10 ml Air hangat
  • 1 sendok teh Garam
  • 1/2 sendk teh Vanili bubuk

Bahan – Bahan tambahan :

  • 200 gram Wijen
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat Isian Kue Onde-onde :

  1. Mula – mula yaitu kacang hijau direndam dalam air selama kurang lebih 4 jam, lalu kacang hijau tersebut dicuci dan dibilas hingga bersih.
  2. Selanjutnya kacang hijau yang sudah bersih direbus atau dikukus dalam panci di atas api kecil hingga kacang hijaunya matang dan empuk.
  3. Jika dirasa sudah matang, angkatlah kacang hijau yang masih panas tersebut lalu masukkan ke dalam alat tumbuk (gilingan) dan haluskan hingga lembut.
  4. Kemudian tambahkan gula vanili bubuk, dan garam pada adonan kacang hijau tersebut, setelah itu aduk – aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  5. Lalu adonan kacang hijau yang sudah dihaluskan dibentuk menjadi bulatan – bulatan kecil yang nantinya digunakan sebagai isian onde-onde.
  6. Jika sudah selesai, sisihkan.

Cara membuat Kulit Kue Onde-onde :

  1. Langkah pertama yaitu mempersiapkan wadah lalu campur jadi satu tepung beras dan tepung beras ketan dalam wadah tersebut.
  2. Setelah itu masukkan garam dan vanili bubuk ke dalam campuran tepung, aduk – aduk hingga semua bahan tercampur seluruhnya.
  3. Selanjutnya tuangkan air hangat sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung lalu aduk – aduk kembali hingga menjadi adonan yang rata.
  4. Kemudian ambillah sedikit demi sedikit adonan tersebut sekitar 2 sendok makan lalu pipihkan adonan tersebut.
  5. Setelah itu masukkan adonan isi kue onde-onde yang sudah dibuat sebelumnya pada kulit onde-onde ini.
  6. Jika sudah, tutuplah isian tersebut dengan membentuk adonan kulit menjadi bulat – bulat.
  7. Bulatan onde-onde kemudian dicelupkan ke dalam air dingin dan setelah itu guling-gu;ingkan pada wijen hingga seluruh permukaan kue tertutupi dengan wijen secara merata.
  8. Lalu panaskan wajan penggorengan yang sudah diberi minyak goreng secukupnya, setelah panas barulah masukkan bulatan onde- onde ke dalam wajan tersebut.
  9. Gorenglah onde-onde hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan apabila sudah matang, angkat dan tiriskan.
  10. Langkah terakhir yaitu kue onde-onde yang sudah matang diletakkan di atas piring saji dan siap untuk disajikan selagi masih hangat.

Resep Onde-Onde khas Mojokerto dan Cara Membuatnya

Demikianlah resep dan ara membuat kue onde-onde khas Mojokerto. Proses pembuatannya tergolong sederhana dan cukup mudah. Anda bisa membuat sendiri kue onde-onde di rumah dan menghidangkannya pada acara – acara penting dan spesial seperti acara arisan keluarga, pesta pernikahan, sukuran, maupun hanya sekedar berkumpul bersama keluarga di rumah. Kue onde-onde akan teras lebih pas dan nikmat apabila dihidangkan bersama dengan secangkir kopi susu atau teh hangat.

Selamat mencoba.

onde onde mojokerto, onde2 mojokerto, resep onde onde mojokerto, cara buat onde onde khas jawa timur, cara membuat onde onde khas mojokerto, onde2, onde-onde mojokerto, onde, Makanan onde- onde khas jawa timur, resep onde2 mojokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website