Resep Kue Lidah Kucing – Kue lidah kucing sebenarnya merupakan kue yang berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki bentuk yang panjang dan tipis seperti lidah kucing serta memiliki rasa yang gurih, renyah, dan enak. Pasti Anda bertanya -tanya tentang bagaimana cara kue lidah kucing bisa masuk ke Indonesia?. Oke, disini saya akan berikan sedikit informasi bahwa seiring dengan jaman penjajahan atau kolonialisasi Belanda dahulu, kue ini pun masuk ke negara Indonesia. Dulu nama kue lidah kucing adalah “Katte Tong”.

Dengan semakin berkembangnya jaman, saat ini kue lidah kucing sudah sangat terkenal dan populer dikalangan masyarakat luas. Kue lidah kucing tak hanya disukai oleh anak – anak, bahkan hingga orang dewasa pun juga sangatlah menyukai kue lidah kucing. Biasanya kita dapat menjumpai kue lidah kucing dalam suatu acara – acara penting atau perayaan hari besar seperti Idul Fitri, Tahun baru Imlek, dan Natal. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang cenderung membuat dan menyajikan kue lidah kucing sebagai salah satu hidangan kue kering. Berikut ini kami akan memberitahu Anda tentang resep dan cara untuk membuat kue lida kucing.

Resep Kue Lidah Kucing

Resep Kue Lidah Kucing yang Istimewa dan Renyah

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

Loading...
Loading...
  • 200 ml Putih telur
  • 200 gram Gula halus
  • 300 gram Tepung terigu (diayak)
  • 250 gram Margarin
  • 125 gram Butter cream
  • 2 sendok makan Susu bubuk (opsional)
  • 1 sendok teh Vanili

Cara membuat Kue Lidah Kucing yang Istimewa dan Renyah :

  1. Mula – mula menyiapkan wadah atau mangkuk yang berukuran besar setelah itu masukkan putih telur ke dalam wadah dan kocok dengan menggunakan mixer hingga kaku. Sisihkan
  2. Selanjutnya menyiapkan wadah lain yang berbeda lalu masukkan margarin, gula, dan butter cream, kocok semua bahan hingga tercampur secara merata dan mengembang.
  3. Setelah itu tambahkan susu bubuk, tepung terigu, dan vanili ke dalam wadah adonan margarin, gula, dan butter cream kemudian aduk – aduk hingga adonan tercampur secara merata dengan menggunakan spatula kayu.
  4. Jika dirasa adonan sudah tercampur merata, tuangkan sedikit demi sedikit putih telur tadi ke dalam wadah adonan, aduk – aduk kembali hingga semua bahan tercampur menjadi satu.
  5. Kemudian siapkan plastik segitiga dan loyang yang sudah diolesi dengan margarin secukupnya lalu masukkan adonan kue lidah kucing ke dalam plastik tersebut sedikit demi sedikit hingga plastiknya penuh, selanjutnya berilah lubang pada bagian ujung plastik.
  6. Kemudian semprotkan adonan secara memanjang dan tipis di atas loyang, jangan lupa untuk memberikan jarak cetakan adonan satu dengan lainnya.
  7. Jika semua adonan sudah dicetak, kemudian masukkan loyang yang berisi adonan kue lidah kucing tersebut ke dalam oven dan panggang dengan menggunakan suhu 150 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit hingga adonan berubah warna menjadi kekuningan dan matang.
  8. Jika dirasa sudah matang, angkat dan biarkan kue dingin terlebih dahulu.
  9. Setelah itu susun dan letakkan kue di dalam toples kaca yang memiliki penutup toples.
  10. Kue lidah kucing siap untuk disajikan.

Resep Kue Lidah Kucing dan Cara Membuatnya

Itulah tadi resep dan cara membuat kue lidah kucing. Anda bisa mencoba membuat di rumah karena proses pembuatannya tergolong mudah dan sederhana. Namun ada beberapa hal dan tips untuk membuat kue lidah kucing yang istimewa dan renyah, antara lain :

  • Pada saat proses pemanggangan adonan kue lidah kucing sebaiknya tidak menggunakan suhu yang terlalu panas agar kuenya tidak gosong dan kering.
  • Gunakanlah jenis loyang yang tepat misalnya dari bahan aluminium yang dapat menghantarkan panas dengan stabil dan baik.
  •  Anda tidak boleh lupa untuk memberikan olesan margarin pada loyang yang digunakan untuk mencetak kue. Hal ini bertujuan untuk menghindari adonan lengket pada loyang.
  • Untuk memisahkan adonan dari loyang sebaiknya gunakan alat pencungkil kue yang tipis dan lebar (kue lidah kucing bisa saja rapuh dikarenakan bentuknya yang tipis).
  • Ketika akan menyimpan kue lidah kucing dalam toples, biarkan kue tersebut dingin selama 15 – 20 menit hingga uap panasnya menghilang.

Nah, sekarang Anda pastinya sudah mengerti dan bisa untuk membuat kue lidah kucing sendiri di rumah. Kue lidah kucing bisa Anda jadikan sebagai kue camilan atau disajikan ketika ada tamu jauh datang ke rumah Anda. Selain itu untuk mempercantik tampilan dan bentuk dari kue lidah kucing, Anda juga bisa menambahkan toping di atas kue tersebut misalnya dengan memberikan parutan keju sesuai dengan selera Anda.

Selamat mencoba.

resep kue yang dikukus beserta gambarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website