Resep Kue Dugo Khas Aceh yang Legit dan Empuk

Resep Kue Dugo Khas Aceh – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki banyak sekali jenis makanan dan minuman kuliner dengan cita rasa yang beragam pula, semua makanan tradisional yang ada di Indonesia sangatlah komplit. Salah satu tujuan utama destinasi kuliner di Indonesia adalah di Bandung. Memang kota tersebut adalah surganya kuliner Indonesia yang banyak digemari oleh anak – anak muda hingga orang dewasa.

Namun dalam kesempatan kali ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bahwa tak hanya Bandung saja yang merupakan surga kuliner terlezat saat ini. Kita akan bergeser ke daerah Aceh dan mencoba untuk mengenalkan jajanan tradisional dari daerah tersebut. Kota Aceh atau biasa dijuluki dengan kota serambi Mekkah ini tak hanya memiliki budaya yang beragam, ternyata Aceh juga memiliki berbagai macam hidangan kuliner yang patut dicoba dan diketahui secara detail.

Resep Kue Dugo Khas Aceh

Resep Kue Dugo Khas Aceh yang Legit dan Empuk

Salah satu jajanan kuliner dari Aceh yang cukup populer dan biasanya banyak dijual di sebagian besar toko kue dyang ada di daerah Aceh adalah kue dugo. Kue dugo dibuat dengan menggunakan bahan utama yaitu beras ketan yang direbus dan dipadukan dengan beberapa bahan tambahan lainnya, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Jika Anda ingin membuat kue dugo sendiri di rumah, maka dapat menyimak informasi resep dan cara membuat kue dugo khas Aceh di bawah ini.

Resep Kue Dugo Khas Aceh yang Legit dan Empuk

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 1/2 kilogram Beras ketan (dicuci bersih)
  • 100 gram Gula pasir
  • 2 helai Daun pandan (diiris – iris)
  • 300 cc Santan kelapa kental
  • 1/2 sendok teh Garam halus
  • 8 pcs Pisang raja matang
  • Kelapa tua sedang seckupnya (diparut)
  • Daun pisang secukupnya

Cara membuat kue dugo khas Aceh yang legit dan empuk :

  1. Langkah pertama yaitu kukus beras ketan yang sebelumnya sudah dicuci bersih hingga matang di dalam panci kukusan yang diletakkan diatas kompor dengan api sedang.
  2. Setelah beras ketan matang, angkat dan keluarkan dari dalam panci kukusan.
  3. Kemudian masukkan beras ketan yang sudah matang ke dalam panci rebusan, tuangkan santan kelapa.
  4. Lalu aduk – aduk semua bahan tersebut hingga tercampur secara merata.
  5. Rebus campuran beras ketan dan santan kelapa yang ada didalam panci hingga santan menyusut sembari terus diaduk – aduk rata.
  6. Kemudian pisahkan daging buah pisang, satu bagian dihaluskan dan satunya lagi dipotong – potong.
  7. Masukkan garam, gula pasir dan juga kelapa parut ke dalam panci rebusan tadi, aduk – aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
  8. Selanjutnya tambahkan buah pisang halus dan potongan buah pisang ke dalam rebusan.
  9. Aduk – aduk kembali semua bahan sebentar saja hingga matang, lalu sisihkan.
  10. Tahap selanjutnya ambil selembar daun pisang yang sudah dibersihkan, letakkan adonan kue di atas daun pisang lalu bungkus daun pisang dengan rapi.
  11. Setelah itu bungkusan adonan kue dugo dimasukkan ke dalam langseng dan kukus hingga matang.
  12. Apabila sudah matang, angkat dan keluarkan bungkusan kue dari dalam langseng
  13. Lalu letakkan kue dugo Aceh diatas piring saji dan siap dihidangkan selagi masih hangat.

Resep Kue Dugo Khas Aceh dan Cara Membuatnya

Demikianlah resep dan cara membuat kue dugo khas Aceh yang legit dan empuk. Proses membuat jajanan tersebut cukup simpel dan bisa Anda coba di rumah. Kue dugo paling pas disajikan sebagai camilan ketika acara arisan keluarga atau sekedar hidangan selingan untuk menemani waktu santai Anda di rumah berkumpul bersama keluarga setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Sajikan kue dugo ini dengan secangkir teh manis atau kopi hangat agar lebih mantap dan nikmat.

Selamat mencoba.

Kue aceh kodok kodok, jajanan anak-anak khas aceh

Resep Kue Dugo Khas Aceh yang Legit dan Empuk | andien | 4.5