Resep Kue Bakpia – Bakpia adalah salah satu jajajan / cemilan asli dari Yogyakarta. Bakpia ini memiliki beraneka macam jenis ibahan isian, namun biasanya bakpia berisi kacang hijau, keju, atau kacang merah yang dibungkus dengan lapisan kulit tepung. Banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung ke Yogyakarta menyempatkan diri untuk membeli kue bakpia sebagai oleh – oleh atau sekedar cemilan di rumah saja. Bakpia ini sudah terkenal dan banyak disukai oleh masyarakat ada umumnya. Bakpia yang terkenal yaitu Bakpia Pathok, hal ini dikarenakan bakpia tersebut berasal dari sebuah daerah di Yogyakarta yang bernama Pathuk.

Bila Anda berkunjung ke Yogyakarta janganlah lupa menyempatkan diri untuk membeli kue bakpia ini, karena di sana akan banyak dijumpai toko – toko oleh – oleh para pedangang kaki lima sepanjang pinggir jalan yang menyediakan kue bakpia. Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Namun sayangnya bakpia khas Yogyakarta ini masih sedikit yang menjualnya di daerah luar Yogyakarta. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai resep dan cara membuat kue bakpia khas Yogyakarta yang bisa Anda buat di rumah.

Resep Kue Bakpia

Resep Kue Bakpia Khas Yogyakarta yang Enak dan Mudah

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bakpia khas Yogyakarta terbagi dalam tiga bahan, antara lain :

Loading...

Bahan – bahan untuk Kulit Bakpia :

  • 125 gram Tepung terigu berprotein rendah
  • 65 gram Tepung terigu berprotein tinggi
  • 100 ml Air
  • 2 sendok makan Gula pasir
  • 1/2 sendok makan Garam
  • 200 ml Minyak sayur
  • (Untuk campuran adonan 50 ml dan untuk rendaman 150 ml)

Bahan – bahan untuk Lapisan Kue Bakpia :

  • 25 ml Minyak sayur
  • 65 gram Tepung terigu berprotein rendah
  • 1/2 sendok makan Margarine

Bahan – bahan untuk Isian Kue Bakpia :

  • 100 gram Kacang hijau / kacang hijau yang sudah dikupas (rendam semalaman)
  • 1/8 sendok teh Garam
  • 150 ml Santan kelapa
  • 1 l3mbar Daun pandan
  • 25 gram Gula pasir halus
  • 50 gram Gula merah / gula Jawa
  • 1 sendok makan Minyak

Cara membuat Isian Kue Bakpia khas Yogyakarta :

  1. Mula – mula kukuslah kacang hijau yang sudah ditiriskan selama sekitar 20 menit hingga kacang mengembang, lalu angkat
  2. Kemudian siapkan panci rebusan lalu masukkan gula pasir, gula merah, garam , santan kelapa, dan daun pandan ke dalam panci tersebut, masak semua bahan hingga mengental dan tercampur secara merata, kemudian maskkan minyak sebelum api dimatikan. Aduk – aduk semua bahan hingga mengental dan tercampur sempurna. Jika sudah, angkat dan biarkan hingga agak dingin.
  3. Setelah dingin, bentuklah menjadi bola – bola keci. Sisihkan.

Cara membuat Lapisan Kue Bakpia khas Yogyakarta ;

  1. Bahan – bahan untuk membuat lapisan kue bakpia dicampurkan menjadi satu dalam sebuah wadah lalu aduk – aduk hingga tercampur secara merata.
  2. Sisihkan jika sudah.

Cara membuat Kulit Kue Bakpia khas Yogyakarta :

  1. Mula – mula menyiapkan panci rebusan yang sudah berisi air lalu dipanaskan dan masukkan gula pasir dan aduk – aduk hingga larut dan tercapur merata. Setelah itu angkat.
  2. Kemudian campurkan tepung terigu dan garam hingga merata dalam sebuah wadah lalu tuangkan sedikit demi sedikit larutan gula pasir tadi ke dalam wadah sambil terus diuleni hingga semua bahan tercampur seluruhnya.
  3. Selanjutnya tuangkan minyak sayur ke dalam wadah sembari adonannya diaduk – aduk (diuleni) hingga bahan tercampur dan kalis.

Cara membuat Kue Bakpia khas Yogyakarta yang Enak dan Mudah :

  1. Ambillah adonan kulit kue bakpia kira – kira 10 gram lalu pipihkan
  2. Setelah itu ambillah sedikit adonan lapisan kue bakpia yang sudah dibuat sebelumnya dan letakkan diatas adonan kulit bakpia tadi lalu ratakan hingga benar – benar merata di atas permukaan adonan kulit kue bakpia.
  3. Selanjutnya adonan dilipat dan masing – masing ujung adonan direkatkan sehingga membentuk bulatan.
  4. Kemudian rendam bulatan adonan tersebut ke dalam minyak yang tersisa selama kurang lebih 15 menit.
  5. Jika sudah, lalu pipihkan adonan hingga tipis kemudian berilah isian kacang hijau yang sudah dibuat sebelumnya dan lapisi isian tersebut dengan cara membentuk bulat pipih adonan.
  6. Lakukan dengan proses yang sama untuk setiap bulatan adonan kue bakpia, dan letakkan pada sebuah loyang yang sebelumnya sudah diolesi margarine untuk mengindari lengket.
  7. Setelah itu panggang adonan di dalam oven selama kurang lebih 15 -20 menit dengan suhu 200 derajat Celcius hingga matang, jangan lupa untuk membolak balik adonan agar matang sempurna berwarna agak kekuning – kuningan.
  8. Jika dirasa sudah matang, angkat dan letakkan kue bakpia di atas piring saji atau toples kaca.
  9. Kue bakpia khas Yogyakarta siap untuk disajikan.

Resep dan Cara Membuat Kue Bakpia Khas Yogyakarta yang Enak dan Mudah

Nah itulah tadi resep dan cara membuat kue bakpia khas Yogtyakarta yang cukup simple proses membuatnya. Bagi Anda yang masih pemula tidak usah khawatir jika Anda belum begitu mahir memasak atau membuat kue, karena Anda dapat mengikuti setiap tahapan cara membuat kue bakpia pada resep di atas. Selain itu Anda juga bisa berkreasi dengan mengganti isian kue bakpia dengan menggunakan bahan yang lainnya seperti menggunakan bahan keju, durian, cokelat, strawberi, atau bahan lainnya sesuai dengan selera masing – masing.

Kue bakpia bisa menjadi pilihan Anda untuk dijadikan sebagai hidangan / cemilan saat ada saudara jauh dan tamu yang berkunjung ke rumah Anda, bahkan untuk cemilan di acara syukuran juga bisa. Jadi, selamat mencoba di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

/* */