Resep Japanese Cheesecake – Japanese cheesecake merupakan perpaduan jenis kue sponge cake dan cheesecake. Cheesecake ini memiliki tekstur yang lembut dan fluffy dengan rasa keju yang kuat karena terdapat kandungan cream cheese yang cukup banyak di dalamnya. Jika dibandingkan dengan cheesecake maka Japanese cheesecake memiliki rasa yang lebih lembut dan tidak terlalu manis.

Proses pembuatan kue ini hampir sama dengan chiffon cake, dimana adonan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah adonan custard yang padat dan kental terbuat dari cream cheese, tepung terigu, gula dan kuning telur. Sedangkan untuk bagian kedua merupakan adonan yang terbuat dari kocokan putih telur dan gula hingga mengembang dan kaku. Kedua bagian adonan tersebut pada akhirnya akan dicampur menjadi satu secara hati-hati menggunakan teknik aduk balik hingga tercampur merata.

Japanese cheesecake dapat Anda buat sendiri di rumah tanpa harus jauh – jauh pergi ke negara Jepang hanya untuk mencicipi kelembutan cita rasa kue ini. Berikut dibawah ini resep dan cara membuat Japanese Cheesecake yang lembut dan empuk.

Loading...

Resep Japanese Cheesecake

Resep Japanese Cheesecake yang Lembut dan Empuk

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • 50 gram Mentega
  • 270 gram Cream cheese
  • 120 ml Susu cair
  • 6 butir Telur ayam (kondisi telur masih dingin, di ambil di dalam kulkas)
  • 80 gram Tepung terigu protein rendah
  • 30 gram Tepung maizena
  • 1/4 sendok teh Cream of tartar atau bisa menggunakan 1/2 sendok makan Air jeruk nipis
  •  140 gram Gula bubuk (dibagi menjadi dua bagian)

Catatan :  Cream of tartar berbentuk tepung putih, memiliki sifat asam dan berfungsi untuk menstabilkan kocokan putih telur dan mampu membuat kocokan tetap bertahan dengan baik.

Cara membuat Japanese Cheesecake yang Lembut dan Empuk :

  1. Langkah pertama yaitu panaskan oven dengan mengatur suhunya sebesar 160 derajat Celcius, letakkan rak pemanggang di tengah. Siapkan loyang bongkar pasang, berilah olesan margarin dan taburkan tepung pada permukaan loyang serta bungkus rapat bagian luar loyang dengan menggunakan alumunium foil. Lalu sisihkan.
  2. Setelah itu menyiapkan panci atau mangkuk tahan panas, kemudian masukkan cream cheese, margarin, dan susu cair ke dalam wadah tersebut.
  3. Lalu siapkan panci lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil, isi dengan air hingga mencapai 1/2 tinggi panci dan letakkan mangkuk berisi cream cheese di atas panci berisi air ini, usahakan dasar mangkuk tidak menyentuh air di panci.
  4. Kemudian panaskan di atas kompor sambil mengaduk – aduk cream cheese menggunakan spatula hingga meleleh, tercampur, dan kental, lalu segera angkat dari kompor jika sudah tercampur merata.
  5. Tahap selanjutnya yaitu masukkan tepung terigu dan tepung maizena ke dalam adonan cream cheese, aduk – aduk cepat hingga menjadi adonan yang smooth dan bebas gumpalan dan biarkan adonan hangat
  6. Setelah itu masukkan masukkan kuning telur ke dalam adonan dan aduk  aduk kembali hingga merata lalu sisihkan.
  7. Selanjutnya siapkan wadah lainnya atau bisa menggunakan mangkuk mixer lalu masukkan putih telur, kocok selama kurang lebih 2 menit dengan kecepatan tinggi hingga berbusa.
  8. Kemudian tambahkan cream of tartar dan kocok kembali hingga adonan mengembang.
  9. Lalu masukkan gula pasir secara bertahap, bagilah gula menjadi 3 tahapan dan pastikan gula tercampur baik sebelum menambahkan porsi gula berikutnya, mixer adonan hingga putih telur terlihat mengkilap dan kaku kemudian matikan mikser.
  10. Selanjutnya masukkan putih telur secara bertahap ke dalam adonan tepung, aduk – aduk adonan dengan teknik aduk balik.
  11. Apabila adonan sudah tercampur, barulah tambahkan dengan porsi kocokan putih telur selanjutnya, dan aduk – aduk hingga tercampur.
  12. Jika adonan sudah benar – benar tercampur merata lalu tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  13. Kemudian masukkan loyang yang sudah berisi adonan ke loyang lainnya yang berukuran lebih besar, tuangkan air panas dengan secara hati – hati ke dalam loyang bagian bawah hingga mencapai 1/4 tinggi loyang.
  14. Panggang kue di dalam oven selama 45 – 50 menit hingga kue terlihat berwarna coklat keemasan.
  15. Apabila dirasa kue sudah matang, keluarkan loyang kue tersebut dari dalam oven dan angkat loyang kue dari air, biarkan kue dingin.
  16. Setelah kue dingin, sisir bagian tepi kue dengan pisau yang tajam agar kue bisa dikeluarkan dari dalam loyang secara sempurna, kemudian lepaskan loyang bongkar pasangnya.
  17. Setelah itu potong – potong kue sesuai selera dan letakkan kue di atas piring saji.
  18. Japanese cheesecake sudah siap disajikan.

Resep Japanese Cheesecake dan Cara Membuatnya

Itulah tadi resep dan cara membuat Japanese cheesecake yang lembut dan empuk. Proses pembuatan kue ini membutuhkan ketelatenan dan kesabaran agar dapat menghasilkan kue yang lembut dan sesuai dengan harapan. Walaupun proses pembuatan Japanese cheesecake sedikit rumit, hal ini sebanding dengan cita rasa kue yang lembut dan berbeda dari kue – kue lainnya.

Selamat mencoba.

resep cheese cake jepang, resep japanese cheese cake kukus, resep japanese cheesecake, japanese cheese cake kukus, cara membuat japanese cheese cake, resep japanese cake kukus, cheese cake jepang kukus, Cara membuat japanes cheesecake, cara membuat fluffy cheesecake, cake super lmbut jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website